Oleh: Alisha Khairani X IPS

Pembelajaran menjadi salah satu sarana yang dapat berpengaruh besar dalam membentuk sumber daya manusia bermutu. Lewat pembelajaran, bisa membentuk generasi berkarakter yang baik, walau dalam kondisi pandemi COVID-19. Awal diumumkan bahwa sekolah diliburkan dua pekan karena pandemi COVID-19, diganti dengan dari rumah menggunakan teknologi seperti handphone, laptop dan salin sebagianya, namun ternyata berlaajr dari rumah diperpanjang lagi karena COVID-19 di Indonesia semakin menyebar hampir diseluruh daerah, bukan hanya anak – anak  sekolah aja yang diminta dirumah saja, namun hampir semua sektor untuk beraktivitas dari rumah masing – masing.

Banyak sekali curhatan dari anak-anak yang sekolah, misalnya selama dirumah kita butuhkan bantuan orang tua dalam mengerjakan tugas – tugas sekolah, sedangkan orang tua juga sibuk bekerja, selain itu orang tua yang “bingung” untuk memenuhi kebutuhan pokok baru bagi anaknya yaitu kuota internet, sedangkan banyak orangtua yang tidak memiliki penghasilan karena COVID-19. Selain itu keadaan menjadi berbeda yang awalnya belajar langsung dengan guru-guru, namun sekarang  belajar harus dari rumah menggunakan teknologi, jika ingin bertemu harus membuat janji terlebih dahulu.

Tidak terlepas dari itu semua kita tetap bisa menjadi pelajar berkarakter walau hanya dirumah saja, ambil saja hikmah baiknya. Sekolah dari rumah banyak banget godaannya, yaitu malas mengerjakan tugas, menurut saya rasa malas dapat diatasi dengan menghibur diri sendiri contohnya “setelah mengerjakan tugas mata pelajaran, saya nonton film terbaru” dengan tujuan untuk motivasi diri, dan kita tetap harus seirus dalam mengerjakan tugas, tidak boleh terburu – buru karena segera ingin nonton film. Jika guru memberi  banyak tugas, disisi lain belum paham materi yang diberikan, maka kita bisa bertanya pada orangtua, guru atau searching di internet. Apa kalian merasa malas melakukan itu semua? Hampir semua murid pasti berat belajar mandiri namun berikanlah sebuah motivasi atau pikirkan akibatnya jika tidak belajar secara mandiri, saya kira tidak ada gunanya kalian mengeluh, dengan situasi seperti ini lebih baik jalani saja dengan ikhlas dan berdoa kepada Allah swt.