KARTASURA – Proses pemilihan menggunakan Drive Thru dilakukan dalam rangka memilih Ketua Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMA Muhammadiyah Al-Kautsar Kartasura (SMALKA), Kamis (1/10/2020). Kegiatan diselenggrakan di sekolah dengan menyediakan TPS (Tempat Pemungutan Suara) dimana guru dan murid berpartisipasi dalam memeriahkan pemilu tersebut. Kali ini dengan model Drive Thru yaitu proses pemungutan suara yang dilakukan dikendaraan pribadi tanpa harus turun dari kendaraan. Merupakan jalan alternatif dimasa pandemic COVID-19. Selain itu calon pemilih wajib menggunakan masker saat memasuki TPS.

Hak suara pemilih dilakukan satu kali dan tidak boleh diwakilkan orang lain. Hal ini yang mengharuskan murid ikut serta dalam pemilihan IPM. Adapun alur yang diterapkan dalam proses pemungutan suara yaitu hadir sesuai kloter yang telah dibagi oleh KPU, mengisi daftar hadir dan pemberian surat suara, kemudian diarahkan ke TPS yang sudah disediakan yang dilengkapi dengan paku untuk mencoblos surat suara, kemudian memasukan surat suara ke dalam kotak yang disediakan KPU. Tahap terakhir yaitu menandai jari manis dengan tinta sebagai tanpa bukti telah mencoblos.

Kegiatan  Pemilu Ketua Umum IPM SMALKA dengan sistem Drive Thru merupakan alternatif solusi untuk mencegah penularan COVID-19. Kegiatan berlangsung cukup lancar, aman dan efektif, terlihat mayoritas peserta didik ikut aktif menggunakan hak suaranya untuk memilih Ketua IPM mereka. Setelah pemungutan suara rampun, maka dilanjutkan penghitungan suara yang dimulai pada pukul 13.00 WIB. Dari hasil pemungutan suara atas kedua PASLON dimenangkan pasangan nomor urut satu yaitu Al Fatih Satria Putra Arifin dan Cavee Citra Annisa Jauhari. [HUMAS]