Nasrul Harahab (berdiri) sedang memaparkan materi langkah - langkah strategis mengembangkan sekolah/madrasah

Forum Guru Muhammadiyah (FGM) Wilayah Jawa Tengah mengadakan kegiatan “Sarasehan dan “Ngudoroso” Problematika Sekolah/Madrasah Muhammadiyah – Aisyiyah Se Jawa Tengah Dimana salah satu dari delapan pembicara adalah Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah Al Kautsar PK Kartasura, Nasrul Harahab. Kegiatan tersebut diikuti oleh kepala sekolah, guru dan tim PPDB yang dilaksanakan pada Rabu, 12 Juni 2024 di Aula Universitas Muhammadiyah Karangayar (UMUKA).

Sarasehan digelar dalam rangka mencari jawaban atas permasalah masing – masing sekolah yang hadir dan meningkatkan performa Sekolah/Madrasah Muhammadiyah – Aisiyah di Jawa Tengah. Para peserta mulai berdatangan sejak selasa malam dan transit di sekolah – sekolah Muhammadiyah sekitar. Pada hari pelaksanaan, mulai pukual 07.30 WIB peserta mulai masuk aula UMUKA dengan registrasi terlebih dahulu kemudian menerima fasilitas berupa block note, bolpen dan goody bag. Acara dimulai dengan opening ceremony yang dibuka secara langsung oleh Ketua Majelis Dikdasmen dan PNF Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah.

Setelah opening ceremony selesai, acara dilanjutkan acara inti yang dimulai oleh Rektor UMUKA yang menyampaikan tentang membangun sekolah/madrasah Muhammadiyah diawali dengan membangun dedikasi dan loyalitas diri untuk kemajuan instistusi. Kegiatan selanjutnya adalah sarasehan yang dipandu oleh moderator. Acara sarasehan dibagi menjadi dua bagian, pertama terdapat lima orang pembicara, masing-masing pembicara diberi waktu untuk presentasi selama sepuluh menit secara bergantian sampai pada kelima pembicara, kemudian dilanjutkan sharing, tanya jawab dan diskusi bersama para peserta yang hadir pada acara tersebut.

Setelah acara sarasehan tahap satu selesai, acara diberi jeda istirahat makan siang dan sholat dzuhur selama kurang lebih satu jam, kemudian dilanjutkan acara sarasehan tahap kedua dengan menghadirkan tiga orang pembicara dengan mekanisme sama seperti pada tahap pertama yaitu dimulai dari presentasi masing masing sepuluh menit kemudian dilanjutkan sharing, tanya jawab dan diskusi bersama para narasumber yang dipandu oleh moderator. (HUMAS SMALKA)

Peserta Sarasehan dari Berbagai Kab./Kota di Jawa Tengah dengan jumlah kurang lebih 700 orang
Moderator sarasehan sedang memandu acara