Pesantren Kilat 1444H

Bulan Suci Ramadhan tahun 2023 Masehi atau 1444 Hijriyah telah dimulai sejak 23 Maret yang lalu, datangnya Ramadhan sudah seharusnya menjadi kebahagiaan bagi seluruh Ummat Muslim, karena pada bulan ini banyak sekali keutamaan yang tidak terdapat pada bulan-bulan lainnya, untuk menggembirakan dan memanfaatkan bulan Ramadhan dengan optimal, 3 Organisasi Otonom Muhammadiyah ranting SMA Muhammadiyah Al-Kautsar PK Kartasura yaitu Ikatan Pelajar Muhammadiyah, Hizbul Wathan dan Tapak Suci, bekerja sama untuk menjalankan program “Colourfull Ramadhan”.

Colourfull Ramadhan merupakan kegiatan yang didasarkan oleh rasa gembira dalam menjalani Bulan Ramadhan, Colourfull Ramadhan tahun ini memiliki beberapa kegiatan yang dijalankan selama Bulam Ramadhan, salah satunya adalah Pesantren Kilat.

Lebih spesifiknya Pesantren Kilat merupakan kegiatan yang diikuti oleh 81 siswa dan siswi kelas 10 dan 11, berjalan selama 1 hari 1 malam yang dimulai pada Hari Jumat 14 Maret dan berakhir pada Sabtu 15 Maret, memiliki tujuan untuk menambah wawasan ke-islaman sehingga tema yang di pakai adalah “Learn Religious Knowledge To Achieve Taqwa”, adapun beberapa materi yang diberikan selama pesantren kilat adalah, Fiqih Puasa dan Zakat yang dibawakan oleh Muhammad Parwoko. Lc. Mh, Sirah/tarikh Nabawiyah oleh Fauzi Nugroho,SPd.I dan Muhasabah oleh Hidayat Falahudin S.PdI M.Pd.

Kegiatan dimulai dengan shalat Dhuha pada pukul 08:10, dan dilanjutkan dengan pembukaan acara Pesantren Kilat, yang di laksanakan di ruang kelas 11 IPS. pada pukul 08:45 Materi 1 yaitu Fiqih Puasa dan zakat dimulai, dengan materi fiqih puasa, diharapkan seluruh peserta bisa lebih memahami lagi Puasa Ramadhan, diterangkan dalam kesempatan kali ini beberapa hal, yaitu apa saja yang membatalkan puasa, yang tidak diwajibkan berpuasa, syarat sah puasa dan keutamaan puasa, dan berhubung Idul Fitri sudah dekat maka dijelaskan juga tentang zakat fitrah, yaitu zakat yang dikeluarkan untuk mensucikan harta dan diwajibkan bagi seluruh ummat islam yang mampu.

lain halnya dengan materi pertama yang menggunakan Kitab Fiqih , pada materi 2 yang membahas sirah atau kisah dari Rasulullah SAW, sehingga pemateri membawakan materi dengan model donggeng, cara ini efektif membuat peserta larut dalam kisah baginda nabi dan tak terasa bahwa materi sudah berjalan lebih kurang 1 jam yang dimulai pada pukul 10:25 dan berakhir menjelang shalat jumat pada pukul 11:30.

Setelah menjalakan Istirahat dan sholat, peserta mengikuti Tadarus yang diadakan di Aula lantai 3 MIM PK Kartasura, peserta membentuk lingkarang dengan Halaqohnya masing-masing, satu halaqoh terdiri dari 8-10 orang. setelah tadarus peserta mengikuti kegiatan Quiz di kelas 11 IPS, Quiz di jalankan dengan model permainan “Rangking 1” yang dimana peserta harus menuliskan 1 jawabannya dari beberapa pilihan jawaban yang diberikan oleh panitia. juara 3 diraih oleh Zidan Farid kelas 11 IPS, juara 2 diraih oleh Sayidah Maryam Hannah kelas 10 IPS dan juara 1 diraih oleh Arrini Kelas 10 MIPA.

Di sore harinya peserta pesantren kilat mengikuti pengajian yang diadakan oleh sekolah dan juga Kordinasi Orangtua Siswa (KORSA) dan dilanjutkan dengan buka bersama.

Shalat sunnah yang dijalankan hanya ketika Bulan Ramadhan yaitu tarawih, dilaksanakan dengan di imami oleh Muhammad Abid Mubarok kelas 11 IPS dan Kultum Oleh Zinat Kelas 11 IPS, inti dari kultum yang disampaikan oleh zinat adalah Sabar.

pada pukul 21:00 WIB materi ke-3 dengan pokok materi yaitu Muhasabah, Muhasabah sendiri memiliki arti, meneliti perbuatan kita pada masa lalu dan masa kini, apakah ia merupakan perbuatan baik atau perbuatan buruk.

pada pukul 22:00 adalah waktu bagi peserta untuk beristirahat karena, esok hari kegiatan akan dimulai pada pukul 02:00 WIB dengan Qiyamul lail yang di imami oleh Raffi Bachtiar kelas 11 IPS dan dilanjutkan dengan sahur bersama, setelah sahur dan sholat shubuh peserta kembali Tadarus hingga pukul 05:30 dan kemudia dilanjutkan dengan bersih bersih. kegiatan diakhiri dan ditutup pada pukul 06:45 WIB