Senin (12/07/2021). Ditengah suasana PPKM karena pandemi Covid 19 tidak menghalangi SMA Muhammadiyah Al Kautsar Program Khusus Kartasura (SMALKA, red) menggelar FORTASI bagi siswa baru tahun ajaran 2021/2022.

FORTASI yang merupakan agenda rutin setiap mengawali tahun ajaran baru kali ini harus dilaksanakan secara berbeda. FORTASI dilaksanakan secara online melalui media zoom.

“Fortasi diselenggarakan selama tiga hari mulai dari Senin hingga Rabu. Mulai dari jam 3 pagi siswa melaksanakan sholat tahajud dengan dibimbing kakak kelas sebagai kakak asuh dan dilanjutkan dengan serangkaian kegiatan hingga ditutup pukul 18.30 WIB dengan tadarus”. Kata Arini Haq Wakasek Kesiswaan SMALKA.

Sementara itu, Nasrul Harahab, S.PdI, M.Pd, Kepala SMA Muhammadiyah Al Kautsar Program Khusus Kartasura menyampaikan kepada para siswa baru untuk jangan mengeluh, ikhlas, dan semangat menjadi agen perubahan.

Kurikulum dan sistem pembelajaran di masa Pandemi Covid 19 yang saat ini dilakukan adalah Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Hal ini dipaparkan langsung oleh Wahidah Estiningrum, S.Pd selaku wakasek kurikulum SMALKA. Beliau juga memberikan motivasi kepada para siswa bahwa melakukan persiapan yang baik dan memiliki mindset yg positif akan mempengaruhi kelancaran dalam menjalani rutinitas harian.

“SMALKA memiliki program SULTAN (Konsultasi dan Tanya) sebagai pelengkap Pembelajaran PJJ. Sultan merupakan layanan konsultasi pelajaran tambahan yang diberikan kepada siswa yang membutuhkan bimbingan khusus. Selain itu ada juga program Catalyst Week sebagai inovasi untuk mengasah kreativitas siswa dan sebagai sarana belajar dengan suasana yang berbeda agar tidak membosankan selama menjalani KBM di masa darurat covid. Pada catalyst week siswa membuat produk sesuai bakat dan minat masing-masing. Siswa membuat sendiri kurikulum yang akan dipelajari dan belajar langsung dari ahlinya. Catalyst week dilaksanakan selama satu minggu ketika jeda PTS.” lanjut Wahidah Estiningrum, S.Pd.

Acara fortasi hari pertama berlangsung dengan lancar dan ditutup dengan tadarus bersama kakak asuh masing-masing.